Powered by Blogger.

Share This Article


Obat-obat Pertanian

Obat-obat Pertanian
Acara : Mitra Tani;

Narasumber : Ir. Triyono
Presenter : Isna Tazkia

“Penyakit Kresek atau daun kering pada padi serta penyebab dan obatnya?”
Jadi yang perlu diketahui ciri-ciri penyakit Kresek itu awalnya terjadi bercak-bercak kuning seperti garis di pinggir di tepi daunnya lama-lama menengah-menengah begitu sampai akhirnya menjelang lebih parah itu kuning dulu, setelah kuning lalu menjadi kering seperti daun yang sudah kering, itu gejalanya. Ini disebabkan terutama karena terlalu banyaknya hujan di lingkungan itu dan sinar matahari kurang begitu banyak sehingga perkembangan dari penyakit Kresek itu begitu cepat. Bagaimana cara menanggulanginya? sampai sekarang belum ada yang betul-betul memberantas dengan baik. Caranya hanya suatu pencegahan yang terpenting yaitu dengan cara kalau belum terlanjur sebelumnya cari benih atau bibit yang tahan Kresek, itu bibitnya diantaranya adalah Cisadane, Kruwing Aceh, Semeru. IR64 itu agak tahan namun masih terkena. Jadi lingkungannya harus dibuat seminimal mungkin asal tempat tidak lembab.

“Pupuk apa yang bagus untuk anggrek?”
Pupuk anggrek itu ada dua macam, memalui daun juga bisa, langsung ke medianya juga bisa. Kalau ke daun mestinya disemprotkan cairan Gandasil untuk mempercepat pertumbuhan atau juga bisa Atonik. Harus hati-hati sesuai dengan petunjuk yang ada. Kalau langsung ke mediannya pupuk yang dianjurkan adalah pupuk NPK.

“Obat apa yang cocok agar buah pisang bisa besar-besar?”
Tidak bisa. Contoh saja kalau pisang Mau dibuat seperti pisang Ambon itu tidak bisa, jadi besarnya itu paling-paling besar normal. Namun, yang bisa adalah kalau mau cepat segera masak buahnya. Kalau mau berbuah bagus maka harus dibudidayakan yang bagus. Bersih lingkungannya kemudian bersih tanamannya, keadaan tanaman jangan sampai terlalu lembab, jangan sampai ada genangan. Setelah itu perlu harus dipupuk.

“Pohon kelengkeng seperti terkena Cabo?”
Itu kutu, itu bisa tanggulalngi dengan obat alami.
Ambil cabe rawit, 100 gram, dihaluskan, ditambah 1 liter air, disimpan atau didiamkan paling lama dua hari, setelah itu disaring, ampasnya dibuang, cairannya itu ditambah lagi 3 liter air, ditambah 3 sdm solar, diaduk, bisa langsung disemprotkan.


“Tanaman Dondong yang terserang ulat daun?”
Sebetulnya itu malah bagus, begitu habis daunnya itu nanti malah cepat berbunga dan berbuah. Kalau nggak berbuah-buah justru malah perlu dihilangkan daunnya.

“Pete yang bunganya rontok itu harus diapakan?”
Cari kawat yang agak besar diikat erat dengan tang, kalau ada daun yang terlalu rimbun yang nggak berguna sebaiknya dikurangi saja. untuk pupuknya pakai TSP dan KCL saja, jangan UREA.
 sumber mtafm

0 komentar:

Post a Comment