Powered by Blogger.

Penyebab dan Cara Mengatasi Scabies (Gudikan)

gambar Penyebab dan Cara Mengatasi Scabies (Gudikan)
Gudik itu seperti apa?
Biasanya menyerang kelompok dan gatalnya itu memang khas pada malam hari karena aktifitas dari tungaunya itu dan juga dia membentuk suatu terowongan di bawah kulit. Biasanya terjangkit pada sela jari tangan, ketiak bagian depan, lipat siku bagian luar, kalau perempuan itu di daerah aerlamamai (puting), daerah pusar, perut bagian bawah. Kalau untuk laki-laki biasanya di daerah genetalia atau eksternal (daerah kemaluan).
Penyakit Gudik (Scabies) disebabkan oleh?
Semacam tungau atau kutu biasanya menular secara kelompok dan mengapa demikian karena penularannya bisa secara langsung atau secara tidak langsung. Kontak langsungnya skin to skin (kulit ke kulit) bisa dari berjabat tangan, tidur bersama. Oleh sebab itu kan kelompok bisa juga dengan hubungan seksual. Untuk kontak tidak langsung itu bisa melalui benda bisa melalui pakaian, handuk yang digunakan bersama-sama, sprei, bantal, dll maka nanti untuk penatalaksanaannya dari benda itu pun kita harus waspada atau dibersihkan kalau sudah terjangkit maka sebaiknya benda-benda ini dicuci dengan air panas atau direbus, karena ini disebabkan oleh binatang atau kutu.
Penyakit seperti ini biasanya terjadi kebanyakan pada sosial ekonomi yang rendah, higienitasnya kurang, cahaya mataharinya kurang (tidak langsung/ lembab) dan terjadi secara kelompok, biasanya memang pada asrama, pesantren, pada tentara-tentara yang sedang perang. Bisa juga tertular dari air.
Ketombe di kepala bertahun-tahun apakah ini termasuk gudik. Bagaimana cara mengatasinya?
Ketombe ini bukan gudig. Bisa dia disebabkan hyper oleh aktivitas dari kelenjar keringat atau jamur. Penanganannya bisa diberi obat anti jamur atau menggunakan shampo yang ada sulfurnya (belerang). Cuci rambut 2 hari sekali lalu diangin-anginkan, untuk yang pakai kerudung rambut dikeringkan terlebih dahulu kemudian kerudungnya baru dipakai, karena kalau rambut masih basah kemudian memakai kerudung itu bisa memicu.
Orang yang pernah terjangkit gudig kemudian sembuh, apakah suatu saat nanti bisa terjangkit lagi. Borok itu apakah sama dengan gudik?
Untuk yang sebelumnya pernah terjadi gudikan kemudian sembuh kemungkinan untuk terjangkit lagi kita lihat dulu dari pada suatu komunitasnya apakah semuanya sudah tuntas karena biasanya menyerang kelompok yang satu diobati dan yang lainnya tidak diobati berarti peluangnya tetap ada, makanya bila ada satu penderita dalam satu kelompok semuanya harus diobati secara tuntas biar tidak menimbulkan terjangkit lagi. Seandainya kemungkinan terjadi lagi bisa aja tapi mungkin tidak pada kelompok ini mungkin bertemu dengan kelompok lain kan tadi penularannya bisa dari berjabat tangan (skin to skin), tidur bersama, dengan barang (misal, pemakaian handuk bersama-sama) karena Tungau itu sangat kecil sekali tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Makanya dalam pemeriksaannya pun bisa menggunakan lup atau alat lain.
Masa inkubasi atau mulai terserang itu berapa lama?
Biasanya dari terserang itu lebih dari 7 hari dan yang menularkan itu Tungau betinanya.
Tanda yang bisa kita lihat dari penderita Skabies gejala paling mudah kita lihat selain gatal yang dirasakan pasien?
Biasanya kebanyakan pada sela jari yang terjadi pada satu kelompok, kemudian adanya bentuk terowongan-terowongan. Kadang juga bisa ada ruam merah atau bintik air.
Menderita gatal-gatal di kaki sudah lama. Saat kambuh ini bintiknya berair lalu diolesi obat dari dokter, sembuh. Tetapi satu sampai dua bulan kemudian kambuh kembali, diobati jadi sembuh, tapi nanti kambuh lagi, kulit sampai berwarna hitam. Bagaimana cara mengatasinya?
Mungkin untuk gatal di kaki kemudian bintik berair ini biasanya disebabkan oleh jamur. Biasanya para pemakai sepatu tertutup, kalau sering kambuh-kambuhan coba dilihat kukunya, ada perubahan bentuk kukunya atau nggak. Kalau penderita jamur ini ada perubahan pada kuku, dan si-kuku ini juga harus diobati karena seandainya kulitnya sudah tuntas diobati tapi kukunya belum maka nanti akan terjadi kekambuhan lagi.
Jamur suka di daerah lembab.
Upaya pencegahan supaya tidak terjangkit?
Kita harus menjaga higienitas untuk barang-barang seperti kasur, bantal, mungkin bisa dijemur. Kemudian perbaikan sanitasi mungkin dari ventilasi supaya matahari bisa langsung supaya tidak lembab. Seandainya ada anggota keluarga yang terkena Scabies sebaiknya diberikan pengobatan dan pakaian-pakaian yang sudah terkena sebaiknya di cuci dengan air panas supaya pengobatannya tuntas dan tidak terjangkit lagi (tidak kambuh).
Bayi bisa tertular Scabies dari orang dewasa.
Antisipasi supaya tidak terjadi kasus-kasus Scabies?
Kebersihan dijaga, pakaian atau barang-barang yang sudah terjangkit dicuci dengan air panas, selama kita terkena hilangi kontak dengan orang lain (salaman, dsb)ad

Sumber : R,chan

2 komentar:

  1. cara mengatasi ketika sudah terjangkit?

    ReplyDelete
  2. informasi yang sangat bermanfaat gan.. :D

    ReplyDelete